Catherine adalah orang nomor satu, di balik situs fashion online Zalora

Femme.id, Jakarta – Bisnis startup merupakan salah satu bisnis yang sering marak didengar di Indonesia belakangan ini. Bahkan dunia bisnis ini tidak hanya didominasi oleh pria saja tetapi juga oleh wanita.

Pengusaha startup yang sukses berhasil menemukan ide cemerlang serta melakukan eksekusi yang baik sehingga bisnis mereka dikenal oleh khalayak ramai.

BACA : Lima Wanita Pebisnis Dunia Ini Sangat Berpengaruh

Berikut adalah 5 wanita pengusaha yang memulai bisnis startup mereka yang dipublikasikan hasil kerja bareng Republika dan Cermati.

Aulia Halimatussadiah
Tidak hanya bermodalkan wajah cantik, Aulia telah menunjukkan kehebatan dirinya melalui bisnis yang ia bangun sendiri. Wanita asal Yogyakarta yang kerap dipanggil dengan sebutan Ollie ini adalah sosok yang memiliki hobi menulis dari kecil.

BACA JUGA : Ini Dia, Wanita-Wanita Pejabat yang Sangat Inspiratif

Pada awal tahun 2006, Aulia beserta seorang temannya yang bernama Angelia Anthony bekerja sama untuk membangun sebuah website yang bernama kutukutubuku.com, di mana situs tersebut merupakan situs toko buku secara online.

Karena respons dari para pengguna internet cukup baik, Aulia akhirnya keluar dari pekerjaannya sebagai pegawai perusahaan penyedia jasa IT dan fokus pada kutukutubuku.com tersebut.

Informasi lainnya, seputar tokoh inspiratif, dan profil wanita berprestasi, bisa diklik di sini

Selain situs tersebut, Aulia beserta dua orang temannya bernama Brilian Yoteenega dan Oka Pratama membentuk sebuah situs yang bernama nulisbuku.com, sebuah situs yang menjadi tempat para penulis dapat menerbitkan tulisan mereka sendiri.

Catherine Hindra Sutjahyo
Catherine mengawali kariernya sebagai salah satu konsultan di McKinsey Singapura. Lulusan universitas ternama di Singapura, NTU (Nanyang Technology University), ini sempat meniti karier di berbagai negara, mulai dari India, Bungalor hingga Amerika Serikat.

Berkat perhatiannya terhadap jumlah populasi di Indonesia, Catherine menjadi orang nomor satu di balik situs fashion online, Zalora.com.

Tidak hanya berhenti di situ, di umurnya yang tergolong masih muda, Catherine telah menjadi CEO Alfaonline, salah satu anak perusahaan PT. Sumber Trijaya Lestari, yang mana hingga kini telah memiliki lebih dari 200 tenaga kerja.

Cynthia Tenggara
Cynthia Tenggara merupakan wanita di balik situs online catering yang paling terkenal di Indonesia, berrykitchen.com. Wanita lulusan Universitas Pelita Harapan ini sebenarnya tidak gemar memasak, tetapi dengan dukungan dari pasangannya, Ferry Tenka, kemudian Cynthia membangun startupnya sendiri di tahun 2012.

Startup yang dibangun oleh Cynthia adalah situs online pertama di Indonesia yang menyediakan catering makanan yang menawarkan lauk berbeda hingga 15-20 menu setiap harinya.

Berrykitchen.com merupakan satu-satunya perusahaan yang menawarkan catering berbasis online, di mana seluruh menunya dapat dipesan secara online. Tidak heran kalau sampai saat ini, berrykitchen.com telah melayani lebih dari 7.000 pelanggan dengan total 245.000 kotak makanan.

Menurut Cynthia, untuk mempertahankan bisnis ini, ia harus sering mendengarkan saran dan kritik dari pelanggan, selain itu inovasi dan peningkatan kualitas produk harus selalu dilakukan.

Claudia Wijaya dan Yenti Elizabeth
Pastinya Anda pernah mendengar situs online penyedia fashion pria dan wanita, berrybenka.com, tahukah anda bahwa pendiri situs tersebut adalah wanita? Situs online ini dimulai dari toko online kecil di tahun 2011.

Karena potensi perkembangan bisnis tersebut. East Ventures memutuskan untuk menanam saham pada situs online tersebut. Di tahun berikutnya, berrybenka.com berhasil mendapatkan suntikan dana sebesar Rp 63 miliar atau setara dengan 5 juta dolar AS dari GREE Ventures.

Veronika Linardi
Veronika Linardi merupakan wanita di balik kesuksesan situs untuk pekerja, Qerja.com. Situs ini membantu para pengangguran untuk mencari pekerjaan atau untuk pegawai berbagi informasi seputar pekerjaan di berbagai perusahaan.

Anda dapat menemukan artikel untuk meningkatkan karier serta memberikan anda pengetahuan seputar gaji dan pengalaman dari profesional.

Pada awalnya, Veronika tidak memiliki banyak pengalaman di dunia IT, ia hanya mengandalkan pengalaman kerjanya pada saat ia berhubungan dengan perusahaan internasional.

Ia berambisi untuk membentuk sebuah platform yang dapat membantu para pegawai menyelesaikan masalah dan memberikan mereka kesempatan untuk bertukar informasi.

Berhasil tanpa memandang gender
Dari kelima contoh di atas, dapat Anda lihat bahwa membangun sebuah bisnis dan sukses melakukannya, tidak ada hubungannya dengan gender. Untuk dapat sukses, Anda harus bekerja keras dan terus berusaha. (rep)



Redaksi Nightlife.id menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redaksinightlifeid@gmail.com, dan redaksi@nightlife.id.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here