Oleh-oleh dari Kota kuningan, yang rasanya lezat

Femme.id, Kuningan – Tahu merupakan makanan yang diolah dari biji kedelai melalui proses fermentasi. Kuliner yang satu ini sangat mudah Sahabat Sporto temukan di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.

Di antara sentra produksi tahu yang terkenal adalah produksi tahu Koperasi Pemuda Cikentrungan (Kopeci). Berlokasi di Jalan Veteran. Tahu Kopeci selalu di buru para penikmat kuliner nusantara.

BACA: Nyamm, Menikmati Kuliner Tempo Jadul di Kedai Kuno Kini.

Tahu Kopeci bentuknya sama seperti Tahu Sumedang dan sama-sama di kemas dengan keranjang anyaman. Namun, ada yang membuat tahu ini berbeda, yakni apabila setelah di goreng tidak kopong, tetap padat berisi, lebih mengenyangkan dan juga lebih gurih.

Komposisi tahu yang memiliki kepadatan dan gurih ini, salah satunya dengan cara pembuatan dan penggunaan air yang jernih. Sebab, tidak sedikit jumlah pabrik pembuatan jarang melakukan perhatian terhadap bahan baku dalam pengolahan.

BACA JUGA : Ini Alternatif Kuliner Khas Bogor yang Top

Tahu Kuningan berukuran kecil dan berwarna cokelat di bagian luarnya dengan citarasa kedelai yang masih sangat kental. Tahu Kopeci sangat cocok dinikmati bersamaan dengan cabai rawit.

Di samping rasanya yang gurih dan empuk, harganya pun tak membuat kantong jadi bolong. Tahu Kopeci ini di jual dengan harga Rp.500 per buah, dan kalau beli dengan jumlah yang banyak Tahu Kopeci akan di bungkus dengan tempat khusus yang terbuat dari bambu.

Informasi seputar kuliner dan rekomendasi tempat makan enak, bisa diklik di sini.

Sebagai pelengkap, para pedagang Tahu juga menyediakan lontong dan susu kedelai, yang akan membuat ketika menyantapTahu khas Kuningan ini kian nikmat.

Gigitan pertama terasa renyah, gigitan kedua terasa gurih dan lembut memberikan sensasi hangat di mulut. Gigitan selanjutnya, lidah tak mau berhenti bergoyang. Mengingat rasanya yang lezat, Tahu Kopeci kerap dijadikan oleh-oleh khas Kuningan.
(spo)



Redaksi Nightlife.id menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redaksinightlifeid@gmail.com, dan redaksi@nightlife.id.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here